" SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA......WELCOME TO OUR SITE AND THANK YOU "

16 Jan 2011

SEKILAS INFO SINGKAT TENTANG KOTA JAYAPURA


Kota Jayapura adalah ibukota provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibukota provinsi yang terletak paling timur di Indonesia. Kota ini terletak di teluk Jayapura.
Dari tahun 1910 ke 1962, kota ini dikenal sebagai Hollandia dan merupakan ibukota distrik dengan nama yang sama di timur laut Papua Barat. Kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sukarnopura sebelum memangku nama yang sekarang pada tahun 1968. Arti literal dari Jayapura, sebagaimana kota Jaipur di Rajasthan, adalah 'Kota Kemenangan' (bahasa Sansekerta jaya: "kemenangan"; pura: "kota").
Bagian utara dari Belanda Nugini diduduki oleh pasukan Jepang pada tahun 1942. Pasukan sekutu mengusir Jepang setelah pendaratan amfibi dekat Hollandia sejak 21 April 1944. Daerah ini menjadi markas Jenderal Douglas MacArthur sampai penaklukan Filipina pada bulan Maret 1945. Lebih dari dua puluh pangkalan AS didirikan dan setengah juta personel AS bergerak melalui daerah ini
kota Jayapura dibatasi oleh Samudera Pasifik di utara, Kabupaten Keerom di selatan, Papua Nugini di timur, dan Kabupaten Jayapura di barat
Melalui jalan darat ada pula pelayanan transportasi bus antar negara, yakni ke Papua Nugini. Bus ini disediakan oleh berbagai penyedia layanan. Layanan imigrasi Indonesia-Papua Nugini dilaksanakan di Jayapura-Vanimo. Untuk menyeberang ke Papua Nugini, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit dari kota Jayapura menuju perbatasan negara.
Hari jadi : 21 September 1993
Dasar hukum : UU No. 6 th. 1993
Walikota :
Wilayah : 940 km²
Kelurahan : 20
Penduduk
197,396 jiwa (2005)
Koordinat -2.533, 140.717
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please leave you messages here,Thank you